Tips Memilih Baju Batik Untuk Pergi ke Kantor

Salah satu pilihan corak pakaian untuk ke kantor adalah batik. Batik menyimpan kesan formal nan elegan yang begitu kuat. Tak heran jika banyak yang senang mengenakan batik ketika ke kantor. Sayangnya penampilan akan tampak salah kostum jika anda salah memilih model batik.

Model baju batik untuk ke kantor haruslah memiliki sisi formal yang kuat. Namun sisi formal tersebut haruslah dimaksimalkan dengan pemilihan cutting yang tepat. Opsi pakaiannya pun harus ditentukan terlebih dulu agar tidak salah pilih.

Anda bisa mengenakan atasan, kemeja, blazer, mid dress, dll. Corak batik untuk pergi bekerja juga mesti dibedakan untuk acara pesta. Dengan memilih model yang tepat, penampilan ketika di kantor pun akan terlihat lebih menawan.

Anda pun tidak perlu khawatir ketinggalan zaman atau salah gaya jika tepat memilih model bajunya. Nah, jika penasaran apa saja tips memilih baju batik khusus ke kantor, berikut ini ulasan selengkapnya yang bisa anda coba.

Tips Memilih Baju Batik

1. Pastikan nyaman

Batik nyaman

Karena bekerja mengharuskan kita aktif dalam bergerak dan melakukan berbagai aktivitas, pastikan batik yang kita kenakan nyaman. Tidak perlu terlalu banyak detail atraktif seperti tali pinggang, ploi, opnaisel, dsb jika detail tersebut dinilai mengganggu ruang gerak anda.

Pastikan batik katun diberikan tambahan furing agar jatuhnya lebih rapi serta nyaman dikenakan sepanjang hari.

Baca: Tips Menggunakan Busana Muslim ketika Liburan di Pantai

2. Pilih bahan katun

Batik Katun

Bahan katun adalah material rekomended khusus busana batik. Jenis bahan ini tergolong mampu menyerap keringat secara sempurna. Secara tekstur pun halus dan dingin. Dengan demikian, jenis bahan ini akan memberikan rasa nyaman yang begitu sempurna jika dikenakan seharian.

Anda bisa memilih bahan katun halus khusus batik. Meskipun lebih mahal namun sesuai dengan kenyamanan yang dihadirkannya.

3. Pilih corak sederhana

batik corak sederhana

Karena untuk pergi bekerja, sebaiknya pilih corak batik yang tidak terlalu heboh. Selain tidak mencolok mata, corak tersebut akan membuat penampilan terlihat elegan. Bagi yang memiliki postur lebih besar, corak geometris adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, warna dasar yang tidak terlalu mencolok ataupun gelap juga mesti anda tentukan. Pastikan paduan atasan dan bawahannya juga tepat agar penampilan enak dilihat.

4. Model yang tepat

model batik

Untuk situasi kantor, sebaiknya pilih model batik yang tidak terlalu rumit. Anda bisa memilih atasan dengan cutting sederhana tanpa hiasan yang berlebih. Sesuaikan atasan dengan rok atau celana yang tepat.

Jika ingin memberikan ornamen, bisa saja asalkan tidak terlalu berlebihan. Misalnya dengan memberikan ikat pinggang atau pita di area tertentu.

5. Tidak selalu model atasan

rok batik

Baju batik kerja tidak selalu model atasan. Memang untuk laki-laki pilihannya cukup terbatas. Namun untuk wanita, anda bisa memilih model selain atasan. Misalnya mid dress, blazer, rok, hingga long dress dengan cutting sederhana. Dengan tidak melulu memilih model atasan, penampilan ke kantor pun terlihat lebih elegan dan tidak menjemukan.

Itu dia beberapa tips memilih baju batik untuk ke kantor. Semoga bermanfaat dan menginspirasi anda dalam berbusana.